Syarat Minimal Instalasi OS Linux

Syarat minimal dalam instalasi OS Ubuntu maupun OS Linux Mint (GUI Mode), diperlukan spesifikasi komputer sbb :
1. Prosesor Pentium Dual Core atau yang lebih tinggi
2. Minimum RAM 1 Gb (sebaiknya minimal 2 Gb)
3. Kartu VGA dengan memori minimal 256 Mb atau yang lebih besar
4. Ruang hard disik (untuk partisi) minimal 20 Gb (sebaiknya 40 Gb)
5. Koneksi internet dengan kuota bandwidth minimal 500 Mb.

Ruang harddisk sebenarnya sudah cukup untuk 20 Gb bila hanya untuk hanya pemakaian standar. Namun, apabila ingin melakukan pengembangan melalui aplikasi Wine, maka disarankan menyediakan ruang setidaknya 40 Gb. OS Ubuntu memiliki dua versi, yaitu versi 32 bit dan versi 64 bit. Jika Anda memiliki RAM hingga 4 Gb, disarankan untuk menggunakan Ubuntu versi 64 bit. Koneksi internet diperlukan, karena paska instalasi nantinya akan diminta untuk melakukan sejumlah pembaharuan (update) sistem operasi, termasuk untuk menginstalasikan fitur pendukung multimedia.


Sistem Partisi OS Linux
Penandaan partisi OS Linux tidak sama seperi OS Windows, seperti drive C, drive D, drive E, dan seterusnya. Penandaan partisi pada OS Linux menggunakan sistem bertingkat. Setiap hard disk atau media penyimpanan akan diberikan kode sd (storage device). Media penyimpanan akan diurutkan berdasarkan huruf abjad yang ditempatkan dibelakang kode sd. Misalnya, apabila hanya terdapat satu hard disk, maka akan dikenali dengan kode sda. Tetapi bila terdapat dua buah hard disk yang terpasang, maka akan dikenali dengan kode sda (hard disk pertama) dan sdb (hard disk kedua). Stick memory seperti flash disk pun akan dikenali sebagai media penyimpanan yang akan diberikan kode sdc (untuk kasus terdapat dua buah hard disk).
Di dalam satu hard disk akan terbagi menjadi beberapa partisi. Misalnya hard disk berkapasitas 500 Gb dibagi ke dalam 6 partisi, tergantung kebutuhan pengaturannya. Jika hard disk tersebut terpasang sebagai hard disk utama, maka untuk 6 partisi tersebut akan diberikan kode sebagai berikut:
/dev/hda = harddisk IDE pertama Anda
/dev/hda1 = partisi pertama pada harddisk IDE pertama
/dev/hdb2 = partisi kedua pada harddisk IDE kedua
/dev/fd0 = floppy drive pertama
/dev/ttyS1 = serial port yang pertama
/dev/hdc = biasanya CDROM
/dev/sda = device pertama pada SCSI controller
\dev\sda
\dev\sda1 (drive C)
\dev\sda2 (drive D)
\dev\sda3 (drive E)
\dev\sda4 (drive F)
\dev\sda5 (drive G)
\dev\sda6 (drive H)
Jika terdapat dua buah hard disk di mana hard disk kedua yang berkapasitas 240 Gb dibagi menjadi 4 partisi, maka di bawah kode sda akan ditambahkan:
\dev\sdb
\dev\sdb1 (drive I)
\dev\sdb2 (drive J)
\dev\sdb3 (drive K)
\dev\sdb4 (drive L)


Syarat minimal dalam instalasi  Linux Debian (Text Mode)
Pada sistem operasi Debian Linux, secara umum ada 3 partisi yang wajib diketahui, diantaranya:
1. Partisi Primary : partisi utama pada sistem operasi Linux, Partisi primary pada linux dapat dibuat sampai 4 partisi sekaligus. akan tetapi batas maksimal pembuatan partisi primary pada Linux hanya 4 partisi saja.
2. Partisi Extended merupakan partisi perluasan untuk mengatasi kekurangan pada partisi primari. jika anda mensetting partisi menjadi 4 bagian maka salah satu dari partisi akan dikorbankan menjadi partisi extended. Didalam partisi extended nanti akan digunakan partisi logical untuk menyimpan data.
3. Partisi Logical : dibuat dalam bentuk partisi extended penomoran partisi logical selalu dimulai dari nomor 5, 6, 7 dan 8, atau kita bisa melihatnya dengan #5, #6, #7.

Dalam proses instalasi Debian Linux selalu membutuhkan 2 partisi kosong yang digunakan untuk ROOT dan SWAP area.
ROOT adalah partisi utama pada Linux dan untuk instalasinya direkomendasikan minimal space yang dibutuhkan adalah 4 GB sedangkan SWAP merupakan virtual memori yang disiapkan sebagai cadangan ketika memory komputer full sehingga sebagian pekerjaan dan proses akan dialihkan ke partisi SWAP. Kapasitas partisi SWAP adalah 2x ukuran memori RAM sehingga jika anda mempunyai RAM 512 MB maka partisi SWAPnya adalah 1024 MB.

Berikut Spesifikasi Minimum Komputer Untuk Instal Debian 6 (Linux)
32-bit PC (i386)
64-bit PC (amd64)
ARM EABI
PowerPC
SPARC
Intel Itanium IA-64
MIPS (little endian)
kFreeBSD 64-bit PC (amd64)
kFreeBSD 32-bit PC (i386)
IBM S/390
MIPS (big endian)

Spesifikasi Minimum Install Debian 5 Lenny
Processor              : Pentium III
Minimum RAM    : 256 Mb
Hardisk Minimal  : 10 GB
Power Supply      : 250 watt
LAN Card           : Standar 


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Memblokir Situs Porno dengan Filter Rules di Mikrotik