OSI 7 Layer

Sebelum kita mengkonfigurasi mikrotik, sebelumnya kita harus paham urutan 7 Layer OSI pada sebuah jaringan.. Karna hal ini akan berhubungan dengan langkah-langkah kita saat ingin setting mikrotik di winbox.
Layer 7 OSI :
· Application
· Presentation
· Session
· Transport
· Network
· Datalink
· Physical


1. Physical
Layer ini meliputi perangkat jaringan fisik yang dapat dilihat, yaitu perangkat fisik yang bertanggung jawab atas proses data dan menjaga koneksi fisik antar sistem. Misalnya bagaimana NIC dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio. Yang termasuk dalam layer ini adalah kabel, hub, NIC, router dan perangkat jaringan lainnya.
Nah jika kalian ingin men setting mikrotik, maka hal pertama yang harus anda perhatikan adalah interface pada jaringan. dalam hal ini adalah ethernet pada routerboard.

2. Data Link
Pada layer ini mulai melakukan pentransferan/pemindahan data pada lapisan jaringan node sumber ke lapisan jaringan pada node yang dituju.
Layer ini menentukan bagaimana perangkat-perangkat seperti hub, bridge, switch, repeater beroperasi. Jadi meliputi proses bridging, switching, vLan, Tunnel, dll.
Setelah melakukan setting pada layer 1, selanjutnya setting pada layer 2, yaitu entah pada bridging, switching, dkk.

3. Network
Layer network adalah layer yang menentukan alamat (IP Address) pada jaringan, menentukan rute / jalur terbaik yang harus dilewati selama pentransferan/pemindahan data agar sampai ke tujuan. Layer ini berfungsi melakukan routing melalui internet.
Yang termasuk dalam layer ini adalah IP Addres, proses routing.
Pada winbox mikrotik, kalian bisa mensetting IP Address dan IP Routes

4. Transport
Layer transport berfungsi untuk memecah/membagi data menjadi segmen dan memecah data kedalam paket-paket sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan penerima. Selain itu juga berfungsi untuk menandai bahwa paket diterima dengan sukses. Fungsi dari layer ini bisa dilihat pada perintah ping di winbox, yang meliputi asal dan tujuan paket yang dikirim, besar paket dan TTL. Yang termasuk dalam layer ini adalah UDP, TCP, dan SPX.

5. Session
Layer session berfungsi untuk membuat koneksi, memelihara koneksi atau menghancurkan koneksi. maksudnya adalah kita yang menentukan kapan koneksi itu dibuat atau dihancurkan, kemudian layer session lah yang menjalankan.

6. Presentatiom
Layer ini berfungsi untuk menerjemahkan data yang akan diterima oleh layer aplikasi. Pada lapisan ini terjadi pembuatan struktur data yang didapatnya dari lapisan aplikasi ke sebuah format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Secara umum fungsi dari presentation layer adalah :
a. Enkripsi dan deskripsi dari suatu pesan untuk alasan keamanan
b. Kompresi dan deskripsi dari suatu pesan untuk alasan keamanan
c. Memformat grafis
d. Melakukan translasi konten
e. Melakukan translasi yang sifatnya spesifik terhadap suatu sistem tertentu
f. Bagaimana data dipresentasikan
g. Menyajikan data
h. Sebagai layanan penterjemah
i. Menentukan tipe data (gambar. audio, video, atau teks), enkripsi, dan ekstensi file agar file siap ditampilkan di alyer aplikasi

7.  Application
Layer ini adalah lapisan yang menyediakan interface antara program yang berjalan pada source dan host tujuan.

Lihatlah gambar dibawah ini :
Sumber : www.escotal.com

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan tentang 7 OSI Layer, mohon maaf bila ada kekeliruan dengan apa yang saya posting.. Terimakasih telah berkunjung :)

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memblokir Situs Porno dengan Filter Rules di Mikrotik

Syarat Minimal Instalasi OS Linux